Linimasa, sejarah singkat WWW dalam sebuah imaji

Bila berbicara sejarah tentu tidak akan ada habisnya, lalu kita akan melihat masa depan, tetapi masa depan hanya akan sekadar (selalu) diprediksi, karena sebanyak apapun data tidak bisa memastikannya.


http://www.futureisnext.com

Tahun 1991 WWW sudah digunakan secara luas pada jaringan internet, melihat kembali ke belakang di tahun 1990 ‘World Wide Web’ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN, lalu mundur kembali di tahun 1989, Berners-lee sang penemu membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global. Menarik memang bila kita kita melihat sejarah menyelami apa saja tentang bagaimana peradaban, budaya, seni dan teknologi ditemukan dan terus berkembang.

Web sendiri telah banyak mempengaruhi peradaban manusia, dimana kita dapat saling bertukar ide, mengirim pesan, saling berkabar, dan belajar banyak pengetahuan pada jaringan internet. Tidak berlebihan memang bila kita harus (sedikit saja) mempelajari sejarahnya. Berikut adalah beberapa garis waktu singkat sejarah World Wide Web dari masa ke masa yang akan dikemas seperti cuitan atau status di media sosial, mari memasuki ruang imaji.

1992–1995: Dimana web semakin berkembang
“Hmm ada 500 Server , ada yang tahu apa itu web browser ?”

1996–1998: Komersialisasi Web
“Hmm mau bikin toko online sepertinya bagus ya bung ?”

1999–2001: “Dot-com” mendobrak
“Dot-com sudah seperti album musik pop yang meledak di pasaran”

2002–hingga hari ini:
“Bikin tugas tentang web 3.0 di cafe”

Gambaran masa depan:
“Sedang membiasakan anak agar jarang bermain dengan robot, sembari menyelesaikan target membaca 100 buku, dan membangun perpustakaan gratis untuk umum tahun ini. Senang sekali ternyata buku cetak tetaplah media yang dicari oleh semua orang untuk membaca”

Itulah garis waktu singkat, dialog imajiner manusia yang mempengaruhi perkembangan web. Hingga kemarin saya berkesempatan untuk menonton film dokumenter tentang web, dimana disana ada beberapa tokoh penting seperti kalian para pengantusias, desainer dan pengembang web. Brad Frost, Eric Meyer, Jeffrey Zeldman dan Tim Berners-Lee sendiri serta sejawat lainnya. Kalian bisa menontonnya di vimeo.

Salah satu adegan di Film “What Come Next Is The Future”

Semoga setelah menyaksikan film nya akan ada masukan dan kritik dari kawan-kawan di IMDB, dan semakin terinspirasi untuk saling berbagi, membangun komunitas agar WEB lebih baik lagi.

Bonus :

 

Catatan:

Sebelumnya tulisan saya ini pernah berusaha saya muat di salah satu portal online, tetapi karena beberapa hal tulisan ini gagal dimuat, akhirnya saya memutuskan untuk menulis kembali di medium dan sedikit melakukan perubahan pada tulisan ini. Tulisan telah diketik sejak desember 2016 lalu.

Sumber referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web
https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_the_World_Wide_Web#1992.E2.80.931995:_Growth_of_the_Web
https://vimeo.com/bearded/future-is-next
http://www.futureisnext.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s